Sekolah Boleh Libur, PBM Harus Tetap Berjalan #MelawanAsap

wallPagi ini membahas strategi #melawanasap dengan 3 orang kepala sekolah dan pengawas sekolah di Padang, bagaimana caranya agar proses pendidikan tetap belajar, bagaimana cara siswa tetap dapat materi dan aktifitas pembelajaran berjalan meski tidak keluar rumah atau diliburkan.

Sistem Pendidikan Abad 21 Tidak Harus Duduk di Kelas

Sistem pendidikan yang semakin maju di Abad 21 tentunya menuntut Guru dan siswa untuk harus terus berinovasi, tidak ada istilahnya berhenti sekolah karena kendala udara diluar tidak segar, seperti di Kota Pekanbaru sudah sangat kasihan kita, sekarang Kota Padang sudah sangat memprihatinkan, pendidikan sudah dihentikan di beberapa wilayah di Sumatera Barat, aktifitas pendidikan berhenti di gedung sekolah, lalu apa aktifitas siswa dan guru dirumah ? Harusnya disini sudah ada solusi bagi sekolah, mulai dari pemanfaatan internet, media sosial hingga aplikasi e-learning.

Proses belajar mengajar di negara maju saat ini tidak lagi harus menuntut duduk di dalam kelas seharian, pertemuan tatap muka cukup untuk memberi motivasi dan pelengkap, proses belajar dan interaksi siswa dan guru sudah terjadi secara online, dengan aplikasi e-learning.

Sekarang, sudah saatnya guru di Indonesia khususnya yang terkena dampak kabut asap berfikir bagaimana cara menyampaikan pelajaran kepada siswa, diwaktu libur sekolah sekalipun harus bisa menyampaikan materi, memeberi tugas dan memberi nilai.

Rata-rata siswa zaman skarang sudah mengenal teknologi, sudah mengenal internet, apa yang mereka lakukan ? Kebanyakan bersosial media dan browsing, mungkin juga nonton di Youtube, seperti kita ketahui, Indonesia menjadi negara terbesar penonton Youtube saat ini, jadi mau tidak mau harus ada sesuatu yang dilakukan oleh tenaga pendidik dalam hal meneruskan pembelajaran.

Kenapa aktifitas siswa di internet kebanyakan di sosial media ? Karena tidak ada arahan untuk membahas pelajaran, tidak ada aktifitas pembelajaran dari guru di internet. Harusnya saat ini guru mulai memikirkan dan mengikuti perkembangan teknologi dan mempermudah proses belajar dengan bantuan teknologi.

Pemanfaatan aplikasi Google classroom, quipperschool atau edmodo bisa dilakukan guru, disana bisa memberi materi, memberi tugas, siswa mengerjakan tugas, guru memeriksa tugas sampai guru memberikan nilai bisa dilakukan pada satu aplikasi, dan aplikasi ini bisa di download di smartphone android, iphone dll.

Jadi, marilah kita sama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi dengan benar agar penggunaan teknologi semakin tepat dan bermanfaat untuk mendukung proses pendidikan.

Sekolah Boleh Libur, Proses Pembelajaran Harus Tetap Berjalan

#MelawanAsap

Share This:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *